Manusia Jangan Bergaul dengan Orangutan!


Orangutan merupakan salah satu hewan yang harus dilindungi karena populasinya semakin berkurang. Apalagi manusia menjadi salah satu faktor utama berkurangnya populasi orangutan.


Menyadari hal tersebut, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Masaryk University, Republik Ceko, melaksanakan riset bersama penyakit malaria dan parasit pada orangutan. Riset parasitologi orangutan ini dilakukan di lokasi Taman Nasional Gunung Leusser, Sumatera Utara dan hutan Kalimantan Tengah.

Peneliti parasitologi orangutan dari FKH UGM R Wisnu Nurcahyo menyatakan, penelitian yang dimulai sejak 1999 itu telah menemukan berbagai macam parasit pada orangutan. Saat ini, lanjutnya, tim tengah berkonsentrasi meneliti malaria pada orangutan yang diduga memiliki spesies Plasmodium knowlesi yang dapat menular ke manusia (zoonosis).

Menurut Wisnu, penyakit malaria tersebut harus terus diteliti sehingga ditemukan obat untuk dapat mengatasinya. “Berakibat sangat fatal bila malaria ini melalui vektor nyamuk kemudian menginfeksi manusia,” ujar Wisnu Nurcahyo, seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (13/3/2013).

Wisnu menambahkan, penyakit malaria dan penyakit parasit lainnya menyebabkan penurunan populasi primata. Pasalnya, orangutan sangat mudah sekali terserang penyakit yang sama dengan manusia, sehingga beberapa penyakit infeksi pada manusia dapat diderita orangutan.

Sebut saja penyakit menular Tuberkulosis, Hepatitis, Typhoid, bakteri, virus, maupun infeksi saluran pernafasan.

Beragam penyakit tersebut, tambahnya, sering menyerang orangutan. 

Apalagi untuk orangutan yang telah lama dipelihara atau kontak dengan manusia. Sehingga ketika dilepas ke dalam areal untuk berinteraksi dalam populasi yang lebih besar, maka menjadi pembawa penyakit bagi sesamanya.

“Penyakit ini salah satu ancaman yang paling besar terhadap kelangsungan orangutan. Maka interaksi manusia dengan orangutan harus dihilangkan,” jelas Wisnu.

©[FHI/Okezone]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s