Kota yang Paling Bersih, Ya Surabaya!


Surabaya – Tahukah Anda, Surabaya meraih 7 kali mendapat penghargaan Piala Adipura. Ini artinya, Surabaya adalah kota yang bersih dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan. Tempat-tempat wisatanya pun tidak kotor lho!


Surabaya memiliki beragam destinasi yang lengkap. Anda bisa menghabiskan waktu di taman-taman kota, bermain di Pantai Ria Kenjeran, atau memotret monumen-monumen keren di tiap sudut kotanya. Selain itu, kebersihan di Kota Pahlawan ini juga memanjakan Anda kemana pun melangkah.

“Kita sudah 7 kali mendapat Piala Adipura, terakhir tahun 2012 lalu,” jelas Kabag Humas Pemkot Surabaya, Nanis Chairani, Kamis (14/3/2013).
Nanis menambahkan, sudah banyak masyarakat Surabaya yang sadar akan kebersihan. Mereka membuang sampah pada tempatnya, membuat tong sampah, dan menanam pohon-pohon. “Bisa dibilang kampung-kampung di Surabaya itu cantik-cantik,” katanya.
Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Anda bisa berjalan kaki dan memotret sudut-sudut cantik Kota Surabaya di wilayah pedestariannya yang luas dan nyaman. Tak hanya itu, rupanya pemerintah Surabaya juga memperhatikan kebersihan di tempat-tempat wisata.
“Kebersihan tempat-tempat wisata sudah ada yang bertanggung jawab, yaitu UPTD. Nah, mereka itu bekerja sama dengan tiap departemen, seperti Departemen Kebersihan atau Dinas Pemadam Kebakaran untuk menyemprot taman atau membuang sampah,” papar Nanis.
Salah satu tempat wisata yang populer di Surabaya adalah taman kota. Di sanalah, wisatawan dan masyarakat Surabaya saling berkumpul untuk bersantai. Tak hanya satu, ada banyak taman wisata di Kota Pahlawan ini.

“Wah kalau teman kota kita ada banyak, seperti Taman Bungkul, Taman Pelangi, Taman Lansia, Taman Buah, Taman Persahabatan, dan banyak lagi. Taman kota selalu ramai, terutama oleh wisatawan luar kota,” ucap Nanis.
Asyiknya, wisatawan tidak hanya bisa bersantai, berfoto-foto atau sekedar berjalan-jalan di taman kota. Tapi, wisatawan juga dapat menikmati fasilitas WiFi gratis!
“Kalau yang paling terkenal itu Taman Bungkul. Tamannya buka 24 jam dan ada internet gratis. Tapi, hampir semua taman kota di Surabaya sudah memiliki layanan internet gratis,” ungkap Nanis.
Suasana kota yang bersih, taman-taman kota yang asri, dan fasilitas yang mumpuni, dijamin mampu membuat Anda betah berlama-lama di Surabaya. Satu lagi, Surabaya ternyata juga ramah terhadap wisatawan yang menggemari hobi bersepeda.
“Surabaya sudah menjadi kota yang ramah bagi pesepeda. Kita punya jalur sepeda yang panjang dan aman,” tegas Nanis.
Jadi, kapan Anda ke Surabaya? 
(detiktravel/14/3/13)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s