Tanah Minahasa dan Pesona Danau Tondano


Lanskap danau Tondano dari ketinggian.
Satu lagi destinasi wisata di Sulawesi Utara selain Bunaken, taman lautnya yang menakjubkan. Danau Tondano layak menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di Provinsi Sulawesi Utara. Danau ini berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan meliputi area seluas 4.278 hektar dan terletak di desa Remboken, kota Tondano ibu kota kabupaten Minahasa. 

Lama perjalanan ke danau Tondano sekitar 30 menit dari kota Tomohon atau 1 jam lebih dari Manado.


Sumaru Endo dan latar danau Tondano.
Danau Tondano dikelilingi oleh pegunungan dengan ketinggian rata-rata 700-900 meter dari permukaan laut, yaitu Gunung Lembena,  Kaweng, Tonsaru, Tampusu dan Masarang. Danau ini mencakup tiga kecamatan yaitu Eris, Kakas dan Remboken. Dari salah satu sisi danau di Remboken, Anda dapat melihat dengan jelas Gunung Kaweng.

Danau Tondano memiliki daya tarik wisata yang disebut “Sumaru Endo” Remboken, dan Resor Wisata Bukit Pinus (dari arah Tondano menuju Toliang Oki). Dari sisi danau di Toliang Oki dan Tondano Pante Anda dapat melihat laut Maluku yang indah, di bagian luar bukit Lembean. Biaya Masuk ke obyek wisata ini adalah Rp 4.000,00 ditambah asuransi.

Pengunjung dapat menggunakan perahu di sekitar danau dengan biaya Rp 50.000,00 tetapi perahu biasanya menunggu sampai dipenuhi 10 penumpang.

Pulau Likri
Di tengah danau ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Likri. Sayangnya, Anda tidak dapat berhenti di pulau ini karena perahu mengikuti rute yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat melihat masyarakat setempat menangkap ikan Nike (endemik danau Tondano, ikan-ikan kecil dengan panjang rata-rata 1 cm) menggunakan jaring yang menyerupai sendok dengan tongkat bambu di kedua sisinya.

Sejak tahun 2003 daerah ini dikelola oleh sektor swasta. Saat ini, tempat wisata ini disebut Sumaru Endo dan memiliki berbagai fasilitas seperti bungalow, kolam renang dan restoran. Selain itu, Anda juga dapat menemukan jasa rental mobil, sewa alat renang dan perahu untuk membawa Anda berkeliling danau. Hiking di sekitar danau juga menyenangkan dengan ditemani udara yang sejuk.

Transportasi

Dari Manado ke Danau Tondano berjarak sekitar satu jam dengan berkendara melalui jalan berliku. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau naik angkutan umum dari Manado atau Tomohon.

Kuliner

Penduduk lokal biasanya menjual ikan Nike kecil yang dibuat menjadi bakso ikan, atau  woku-woku bolanga (cara memasak ikan tangkapan khas masyarakat Minahasa). Anda dapat menikmati hidangan Nike di restoran atau warung makanan di sekitar danau.

Tertarik ??? yuuuukk packing… berangkaatttt,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s