Tips Dasar-Dasar Pendakian Gunung



Mengetahui dasar-dasar pendakian Gunung merupakan hal terpenting yang harus diketahui sebelum melakukan aktifitas mendaki Gunung, mendaki Gunung bukan hal yang mudah untuk dilakukan, karena apapun alasannya gunung bukanlah tempat yang didaki hanya dengan modal semangat, butuh berbagai pertimbangan dan persiapan khusus untuk melakukan hal tersebut.

Menganggap remeh Gunung bisa menyebabkan resiko fatal buat pendaki itu sendiri maupun rekan seperjalanan dan alam. Tips dasar-dasar pendakian Gunung merupakan dasar yang Harus diketahui pada saat ingin melakukan Pendakian, dengan mengetahui hal tersebut memungkinkan sahabat Petualang terhindar dari hal yang tidak diinginkan pada saat mendaki Gunung. 

Ada beberapa Tips Dasar-Dasar Pendakian Gunung yang perlu sahabat Petualang terapkan :

Mencari Informasi tempat yang akan dituju / lokasi pendakian : dengan mengetahui tempat yang akan dituju, akan memudahkan untuk mengetahui kondisi medan atau trek jalur yang akan dilalui, selain itu dengan info tersebut kita juga akan mengetahui hal-hal apa yang perlu dibawa untuk melalui jalur yang akan ditempuh.

Training Center (TC) / persiapan fisik : TC sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan Pendakian, hal ini sangat dianjurkan karena dengan melakukan TC  kondisi tubuh akan lebih Fit, serta membuat tubuh dan stamina lebih kuat. Tubuh dan Stamina yang kuat tersebut sangat mendukung dalam melakukan Pendakian walaupun harus membawa beban yang cukup berat.

Membawa Perlengkapan seperlunya : dalam melakukan pendakian dianjurkan untuk membawa barang yang seperlunya saja atau yang penting saja sesuai kondisi medan yang dituju, dengan membawa barang yang tidak perlu akan menyita tempat yang banyak, sehingga bebanpun bertambah, juga menyulitkan untuk bergerak dalam mendaki, misalnya membawa Boneka Beruang ukuran Teddy Bear heheheh…

Perlengkapan Istirahat / Tidur : Perlengkapan tidur hal yang wajib bagi para Pendaki Gunung, karena digunakan untuk melindungi para Pendaki pada saat beristirahat untuk mengumpulkan tenaga, Misalnya : Sleeping Bag (SB)/Kantung Tidur, Tenda dan Matras/Karpet dll.

Membawa Jaket / Pakaian Hangat : Jaket/Sweater/RainCoat sangat berguna untuk melindungi dari udara dingin pada saat di Gunung, apalagi bila cuaca sedang tidak bersahabat yang membuat kita kedinginan, maka hal ini perlu diingat sebelum melakukan Pendakian. Dianjurkan juga untuk tidak membawa pakaian yang terbuat dari bahan jeans, kerena dapat menambah beban berat pada saat bahan tersebut basah walapun terlihat praktis dan kuat.

Gunakan Ransel (Carrier) : carrier adalah sejenis ransel atau tas punggung yang dirancang untuk digunakan dalam melakukan Pendakian Gunung maupun kegiatan petualangan lainnya, bahan yang kuat dan ringan sangat cocok digunakan untuk menyimpan pelengkapan yang akan dibawa dalam Mendaki, ukurannya pun bermacam-macam tergantung ingin menggunakan yang mana.

Memakai Alas Kaki Khusus Untuk Mendaki : alas kaki sangat perlu dalam proses pendakian, jadi disarankan untuk memilih alas kaki yang dirancang khusus untuk medan Pendakian Gunung. Biasanya juga para Pendaki Gunung selain membawa sepatu trekking, juga membawa sendal trekking, yang juga dirancang khusus untuk pendakian. Dan sangat tidak disarankan memakai sepatu Kaki Katak untuk mendaki🙂 (itu untuk menyelam om!!!)

Perlengkapan Masak dan Makan : Tentunya setelah melakukan perjalan jauh dengan kondisi trek jalur yang cukup menguras tenaga tentunya butuh asupan energi yang bisa didapat dari makanan. Sehingga dianjurkan untuk membawa perlengkapan masak dan makan yang sebaiknya khusus digunakan dalam Pendakian Gunung.

Kotak P3K : Perlengkapan ini salah satu hal wajib yang tidak boleh terlewatkan, dalam aktifitas pendakian Gunung Banyak hal yang tidak terduga, misalnya terjatuh, tergores, sakit perut, masuk angin ataupun sakit kepala, sehingga membutuhkan obat-obatan.

Jas Hujan : Hal kecil ini begitu berguna pada saat Mendaki Gunung, melindungi Sobat saat Hujan, serta Jas Hujan ini juga dapat digunakan untuk membuat Bivak/Tenda.

dan ingat Alam itu titipan bukan milik sendiri tanamkan selalu Kode Etik Pecinta Alam, SELAMAT BERPETUALANG…

Berbagai Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s